Tata Surya

Apabila kita memandang luas ke langit malam, akan tampak bintang-bintang yang bertaburan yang memiliki anggota bintang yang lebih terang dari bintang lainnya. Pola-pola di langit yang terbentuk dari bintang yang lebih terang tersebut disebut rasi bintang. Para ahli astronomi sampai saat ini telah berhasil mengelompokkan rasi bintang menjadi 88 kelompok, diantaranya yaitu Scorpius, Leo, dan Orion.
Sedangkan galaksi berarti bintang & segala materi antar bintang yang jumlah nya melebihi milyaran dengan ukuran yang bevariasi, mulai dari 100 tahun cahaya sampai 10 juta tahun cahaya. Dari ribuan galaksi tersebut, galaksi-galaksi memiliki bentuk yang berbeda, antara lain spiral, elips, spiral berbatang, dan tak beraturan.

1. Sekitar 70% dari galaksi di jagat raya memiliki bentuk spiral. Galaksi bentuk spiral ini terlihat membentuk huruf S pada 3 bagian yang selalu berputar mengelilingi pusat nya. 3 bagian itu antara lain titik pusat, lingkaran bintang dan tumpukan bintang.
2. Sedangkan galaksi bentuk elips tampak seperti bola lonjong, meliputi kira-kira 17% jumlah galaksi di jagad raya.
3. Galaksi berbentuk spiral berbatang mirip dengan galaksi bentuk spiral, hanya saja spiral pada bentuk yang satu ini keluar dari kedua ujung batang yang ada di bagian tengah galaksi tersebut.
4. Seperti namanya, galaksi bentuk tak beraturan ini memiliki bentuk & organisasi yang tidak jelas, hanya meliputi sebagian kecil dari jumlah galaksi jagat raya, mungkin hanya sekitar 2-3%.

Galaksi tempat kita berada bernama Galaksi Bimasakti (Milky Way). Galaksi Bimasakti terdiri dari kumpulan ribuan bintang yang berbentuk piringan pipih.

Galaksi lain yang lebih dekat dengan galaksi Bimasakti adalah galaksi Andromeda. Galaksi ini berjarak 2,2 juta tahun cahaya dari Bumi. Galaksi Andromeda terdiri atas kurang lebih 100 milyar bintang dengan diameter kurang lebih 200 ribu tahun cahaya. Sedangkan massa nya 300 milyar kali massa matahari.
Planet-planet yang mengelilingi matahari juga dikelilingi oleh benda kecil yang disebut satelit. Selain itu terdapat pula planet-planet kecil (planet minor) yang jumlahnya sangat banyak yang mengitari matahari pada lintasan tertentu yang disebut asteoroid (planetoid). Sesekali juga ada benda angkasa yang bercahaya terang dan mempunyai ekor yang panjang yang disebut komet.

KLASIFIKASI PLANET
Berdasarkan kedudukan nya terhadap Bumi :
• Planet Inferior adalah planet-planet yang terletak diantara matahari & orbit Bumi.
• Planet Superior adalah planet-planet yang terletak diluar orbit Bumi.

Berdasarkan kedudukan terhadap asteroid :
• Planet Dalam adalah planet-planet yang terletak antara Matahari & Asteroid.
• Planet Luar adalah planet-planet yang terletak di luar Asteroid.

Berdasarkan sifat & ukuran planet :
• Planet Kebumian
Ciri-ciri :
1. Massa kecil, tetapi kerapatan massa nya besar
2. Permukaan nya terdiri atas batuan keras dan terdapat kawah & lembah.
3. Jumlah atom H & He sedikit.
• Planet Jovian
Ciri-ciri:
1. Massa besar, tapi kerapatan massa nya kecil.
2. Diselimuti atmosfer yang tebal, yang sebagian terdiri atas He & H.

HUKUM GERAKAN PLANET
Dikemukakan oleh Johannes Kepler, berbunyi :
• Hukum I Kepler : Lintasan Planet berbentuk elips dengan Matahari berada pada salah satu titik api nya. Teori ini menguat kan teori Copernicus dimana jarak terdekat Planet ke Matahari disebut Perihelion, dan jarak terjauh nya disebut Aphelion.
• Hukum II Kepler : Garis hubung planet-Matahri akan menyapu daerah yang sama luas nya dalam selang waktu yang sama. Didasarkan pada pengamatan garis edar Mars.
• Hukum III Kepler : Jarak rata-rat Planet-Matahari pangkat tiga dibagi Periode Sideris kuadrat merupakan bilangan constant atau pangkat dua kala Revolusi planet sebanding dengan pangkat tig a jarak planet ke Matahari.

PLANET-PLANET ANGGOTA TATA SURYA
MERKURIUS
Merupakan planet terkecil yang paling dekat dengan Matahari. Berorbit bulat telur dengan kec rata-rata 46,8 km/d. Waktu revolusi 88 hari & masa rotasi 58,6 hari Bumi. Suhu di siang hari 430 derajat C & -180 derajat C di malam hari.

VENUS
Merupakan planet kedua yang teredekat dengan Matahari. Biasa disebut juga dengan Bintang Timur. Waktu revolusi 224,7 hari Bumi & masa rotasi 243,2 hari Bumi. Atmosfer terdiri atas CO2, N, H dan uap air.

BUMI
Merupakan satu-satunya planet yang ditempati oleh makhluk hidup. Waktu revolusi nya 365,26 hari & masa rotasi nya 23 jam 56 menit. Bumi memiliki satelit bulan.

MARS
Sebagian besar tampak seperti padang pasir merah. 1/3 permukaan nya terdiri atas daerah suram yang disebut lautan, walaupun tidak berair. Mars hanya memiliki sedikit air. Atmosfer nya terdiri atas CO2, H2O dan Ar. Satelit nya Phobos & Deimos.

JUPITER
Merupakan planet terbesar dengan diameter 142.980 km dengan kala revolusi 11,86 tahun Buni & rotasi 9 jam 55 menit. Atmosfer terdiri atas H dan He yang dapat memantulkan 70% cahaya Matahri yang diterimanya serta mempunyai 16 buah satelit.

SATURNUS
Merupakan planet terbesar kedua yang berciri khas dengan adanya cincin 3 serangkai besar yang mengelilinginya. Mempunyai 17 buah satelit.

URANUS
Jika dilihat menggunakan teropong, tampak berwarna hijau dengan sudut kemiringan 98 derajat. Kala revolusi 84 tahun Bumi & rotasi 17 jam 14 menit. Memiliki 15 satelit.

NEPTUNUS
Dengan jarak yang jauh dari Matahari, ia memiliki cahaya yang sangat lemah. Kala revolusi nya % rotasi adalah 164,79 tahun Bumi & 16 jam 7 menit. Mempunyai 8 satelit, salah satunya yaitu Triton.

KOMET
Berasal dari bahasa Yunani, Aster kometes (bintang berambut panjang) terdiri atas kepala (inti dan koma) dan ekor. Arah ekornya selalu menjauhi Matahari, karena adanya Solar Wind. Lintasan nya berbentuk elips, parabola & hiperbola. Contoh : Halley, Holmes & Galley.

ASTEROID
Asteroid disebut juga planet kecil (planetoid). Asteroid terletak diantara orbit Mars & Yupiter. Ditemukan oleh Guissepi Piazi tahun 1801. Lintasan utama asteroid disebut sabuk asteroid (asteroid belt). Asteroid ada yang besar & ada yang kecil, selain itu memiliki bentuk yang berbeda-beda pula, antara lain bola, lonjong (bulat telur), atau tak beraturan.
Asteroid Kelompok C : permukaan nya berwarna sangat gelap, tersusun atas mineral carbon.
Asteroid Kelompok S : permukaan nyaberwarna kemerahan, mengandung piroksena, olovin, silikat, dan bercampur besi.

METEOR
Meteoroid adalah benda kecil & padat yang bertebaran tak beraturan di dalam ruang antar planet. Sedangkan pijaran cahaya yang terjadi akibat meteoroid yang begesekan dengan atmosfer & mengakibatkan suhu nya naik. Meteorit yaitu sisa meteoroid yang sampai di permukaan bumi.

0 komentar:



Posting Komentar